FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS

Posted: Februari 20, 2013 in ALL INFORMATION

BroNCis, Agan-agan……Kecelakaan lalu lintas slalu jadi momok buat semua pengendara kendaraan. Kalo aja ga hati2, bisa celaka di jalan raya. Di jalan raya, bahaya bisa mengintai tiap saat, setiap detik bisa ngerubah situasi dan kondisi jalanan….maka dari itu, kita smua kudu waspada saat berkendaraan, gunakan pelindung standar seperti helm (bagi pengendara motor) & pake seat belt (bagi pengendara mobil). Tapi niii….biar kate udah kita pake alat2 pelindung diri tadi, tetep aja kita kudu ekstra waspada dan harus bener2 memahami seluk beluk berkendara dan mengetahui kondisi kendaraan kita.

Ada beberapa factor yang bisa menyebabkan kecelakaan di jalan raya itu terjadi, yaitu: factor human error (kesalahan manusia), factor mechanical failure (kesalahan teknis kendaraan), factor kondisi jalanan dan factor cuaca. Berikut ini akan dibahas satu-persatu factor-faktor tadi….

1. FAKTOR HUMAN ERROR

Faktor ini seringkali menjadi penyebab utama kecelakaan. Penyebabnya bisa karena ngantuk (klasik banget ni faktornya….), ga tertib, pengemudi kehilangan konsentrasi (melakukan aktifitas lain sambil berkendara), mabuk alkohol/obat-obatan, kondisi psikis (stress, depresi dll….). Di Amerika, sebanyak 45% kecelakaan jalan raya yang terjadi adalah karena pengemudi ‘ngantuk. Mengantuk disebabkan karena manusia kurang tidur yang cukup sebelum berkendara sehingga syaraf sensorik dan motorik jadi menurun kepekaannya (lemot brooo….).

 Image

 

 

FAKTA2

Oleh karena itu, jika ente2 pade ‘ngantuk saat mengemudi sebaiknya menepilah di badan jalan agar bisa istirahat sejenak, jangan paksain nerusin berkendara broo…jangan lakukan aktifitas lain pada saat mengemudi (misalnya SMS-an, BBM-an, pake HP dll…)…..fatal akibatnya nanti.

 

2. FAKTOR MECHANICAL FAILURE

Factor ini juga menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Persentasenya skitar 15%. Kurangnya pengetahuan si pengendara terhadap kondisi kesiapan kendaraannya bisa fatal akibatnya. Kerusakan mesin, spare parts, komponen pada kendaraan sangat bahaya banget. Pemilik kendaraan sering melupakan atau lalai mendeteksi adanya permasalahan di kendaraannya.

Supaya kita tetep berkendara dengan kendaraan yang prima, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan rutin mingguan/bulanan terhadap kondisi kendaraan kita di bengkel resmi, bro-sis…truz, bekali diri kita dengan mempelajari pengetahuan tentang kendaraan kita…minimal kalo ada masalah, bisa kita tangani secara dini sebelom dibawa ke bengkel.

  Image

 

3. FAKTOR KONDISI JALANAN

Kalo yang ini sih, sering jadi “kambing item” kecelakaan di Indonesia kali ya BroNCis? Hahahaha….tau sendiri laaahh gimana kondisi jalanan disini. Bahkan di ibukota Jakarta sendiri ada lebih dari 8500 titik rawan akibat jalan rusak. Selama Operasi Zebra 2012 lalu, Polda Metro Jaya juga mencatat 152 kasus kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh jalan rusak.

Factor kondisi jalanan yang bergelombang, lubang, rusak sangat membahayakan bagi pengguna jalan raya, khususnya buat yang pade naek motor. Untuk itu, kita harus sangat waspada terhadap kondisi jalanan. Berhati-hati pada setiap jalan yang kita lalui. Walopun kita udah sering lewat jalan itu, tapi tetep kita harus waspada. Memang, tanggung jawab dari pemeliharaan infrastruktur jalan raya adalah tanggung jawab pemerintah, tapi ada baiknya kita dalam hal ini “mengalah” demi keselamatan sendiri bro.

Image

 

 

4. FAKTOR KONDISI CUACA/ALAM

Faktor ini juga termasuk sebagai pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kondisi cuaca yang buruk bisa membuat jarak pandang berkurang, jarak pengereman jadi jauh, kondisi jalanan jadi licin. Jika sudah itu yang terjadi, tidak ada kata lain selain meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati. Nyalakan lampu kendaraan dan jangan memacu kendaraan terlalu kencang. Dua hal ini paling dapat diandalkan untuk kondisi cuaca yang kurang bersahabat bro. Dan satu hal lagi ni bradercis….jangan selalu menyalahin factor cuaca apabila terjadi kecelakaan (ni paling sering terjadi kalo ada kasus kecelakaan…). Kalo kita lebih berhati-hati dan waspada, kecelakaan bisa dihindari.

 Image

 

 

Naaaaaahhh BraderCis, Agan-agan……itulah 4 faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas. Sebagai pengendara, kita wajib berhati-hati kalo berkendara, jaga kondisi fisik tubuh dan perhatikan kesiapan kendaraan ente2 smuanya bro-sis….kita berhati-hati bukan cuma buat diri sendiri, tapi juga untuk orang lain atau pengguna jalan yang lain bro-sis….selalu waspada & santun di jalan adalah ciri bikers yang bisa diandalkan bro-sis….

 

Semoga bermanfaat yaa….SALAM BROTHERHOOD SATU ASPAL….

Safety

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s