TEKNIK PELATIHAN SAFETY RIDING

Posted: Februari 20, 2013 in RIDING TIPS

Pelatihan & Teknik Safety Riding disajikan dalam teori dan praktek. Umumnya dalam teori dijelaskan seputar keselamatan berkendara, misalnya: pentingnya pemanasan tubuh saat hendak berkendara, kesiapan fisik dan kesehatan pengendara, kesiapan kendaraan, surat-surat berkendara, posisi berkendara yang ideal, dan lain-lain.

Kesiapan berkendara yang diperlukan untuk sepeda motor antara lain:

  • Sarung Tangan, sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap keringat serta tidak licin saat memegang grip/handle motor.
  • Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan baik kecil maupun besar.
  • Helm standar SNI (minimal Half Face), sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala, poin inilah yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm ‘catok’ dan sejenisnya.
  • Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki, minimal menutup sampe di mata kaki.

Berikut beberapa contoh latihan dasar praktek Safety Riding 

1.      Teknik Pengereman

Dengan hanya mengandalkan rem depan, rem belakang, dan kombinasi keduanya. Teknik ini untuk membiasakan bikers untuk membedakan fungsi dua sisi rem saat hendak berhenti berakselerasi. Cara pengereman yang aman adalah dengan menekan perlahan tuas rem di handle dengan seluruh jari-jari anda, mulai dari kelingking hingga telunjuk sambil menurunkan gas secara perlahan-lahan. Gunakan juga tuas rem kaki untuk rem belakang agar pengereman lebih maksimal. Hindari pengereman secara mendadak saat kecepatan tinggi karena berpotensi mengunci ban anda dan mengakibatkan anda terpental/jatuh.

 Image

 2.      Teknik “Slalom”

Dengan cone (kerucut) di lintasan. Teknik ini untuk melihat kemampuan dan keterampilan pengendara saat menikung dengan cepat dari sisi kiri ke kanan dan sebaliknya dengan asumsi kendaraan sedang bermanuver zig-zag menghindari halangan di jalan. Seimbangkan tubuh anda dan motor anda pada saat berbelok/menikung cepat, rendahkan kecepatan sambil memainkan tuas kopling untuk menyesuaikan kecepatan motor anda. Hindari penggunaan rem karena akan berpotensi jatuh.

 Image

 3.         Teknik Berjalan di lintasan “Bumpy-Road”

Teknik ini untuk membiasakan bikers untuk memberi kenyamanan saat jalan tidak mulus atau bergelombang. Pada lintasan yang seperti ini, pengendara disarankan untuk mengangkat sedikit tubuhnya (agak setengah berdiri) dan tidak memacu kencang motornya agak dapat terjaga kestabilan dan keseimbangannya.

 Image

4.      Teknik berkendara di lintasan lurus dan sempit

Berupa bilah dengan asumsi kendaraan berjalan di jalan kecil dan diliputi kemacetan. Teknik ini untuk membiasakan diri bagi bikers untuk tetap dapat melakukan handling tanpa menurunkan kaki dalam kecepatan rendah.

 Image

 

Perangkat keamanan (protector) semacam decker lutut dan siku plus helm menjadi wajib di pake saat pelatihan Safety Riding.

Naaaahh….dari materi-materi seperti inilah diharapkan muncul niatan dari para riderz untuk membiasakan diri sendiri dalam keselamatan berkendara. Gampang-gampang susah memang, tetapi itulah wajib kita-kita lakukan. Kesimpulannya adalah bahwa keselamatan berkendara amatlah dibutuhkan untuk mengurangi angka kecelakaan dijalan. Ya ! Semua dimulai dari diri sendiri.

Buktiin kalo kita mampu berkendara dengan baik, kagak sembrono, kagak ugal-ugalan, patuh lalu-lintas, dan menghormati sesama pengguna jalan serta sebagai anggota klub motor ente2 kudu ngasi contoh positif kepada sesama pengguna jalan.

INGATLAH…KELUARGA ANDA MENUNGGU ANDA DI RUMAH.

 

“Safety Is Everything Bro! ”

Image

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s