ASAL MUASAL PENGGUNAAN HELM

Posted: April 19, 2013 in ALL INFORMATION

Helm-13Helm-12Helm-10

Kemunculan helm telah lahir sejak zaman Yunani kuno. Pada zaman ini helm merupakan bagian dari teknologi perang yaitu sebagai pelengkap dari baju zirah/baju besi. Melihat peranannya yang cukup penting untuk melindungi kepala penggunanya dari ancaman senjata-senjata musuh maka helm terus berkembang luas. Helm dianggap sebagai pelindung paling efektif bagi kepala dari tebasan senjata lawan, lesatan anak panah, atau bahkan bidikan peluru berkecepatan rendah (dari senapan awal seperti Arquebus). Alhasil hingga zaman romawi klasik, abad pertengahan sampai akhir abad 17, keberadaan helm sebagai perlengkapan pakaian perang ini terus berkembang secara luas, baik di Eropa bahkan sampai ke Jepang.Sayangnya perkembangan senjata api sangatlah cepat. Dengan kemampuan ilmu pengetahuan manusia yang menakjubkan, maka kecepatan peluru pun semakin tinggi. Akibatnya sejak tahun 1670 penggunaan helm mulai menurun karena dianggap tidak efektif lagi untuk melindungi penggunanya. Sampai akhirnya pada abad 18, pasukan infantri tidak ada lagi yang mengenakan helm sama sekali.

Namun ternyata riwayat helm tidak berakhir sampai di situ saja. Meski kecepatan peluru sudah tak terukur lagi, ternyata akhirnya banyak kalangan yang tetap memandang keberadaan helm sebagai pelindung yang efektif. Hal itu berdasarkan pemikiran bahwa semua tergantung dari teknologinya dan kualitas bahan yang digunakan. Pada era Napoleon, penggunaan helm kembali dikukuhkan bagi prajurit kavaleri. Nah, pada maraknya penggunaan artileri berat pada perang dunia I, helm telah mampu menunjukkan fungsinya dalam mengurangi korban akibat serpihan bom atau schrapnel. Pembuktian ini menjadikan helm kembali marak digunakan oleh militer sepanjang waktu kemudian. Sejak pecahnya perang dunia kedua hingga sekarang ini pun helm masih diwajibkan sebagai peralatan standar bagi prajurit.

Saat ini keberadaan helm di kemiliteran merupakan perlengkapan standar yang wajib dimiliki oleh setiap anggota tentara. Mengingat perkembangan dunia persenjataan semakin modern dan semakin luar biasa, komponen/bahan baku helm untuk militer pun semakin diperkuat lagi. Helm standar militer saat ini adalah P.A.S.G.T. Helmet (Personnel Armor System for Ground Troops). P.A.S.G.T Helmet merupakan helm standar bagi tentara saat ini, terbuat dari bahan karbon Kevlar dan mampu menahan peluru sehingga memberikan keamanan maksimal bagi penggunanya.

Penggunaan helm pun juga menjadi kewajiban di dunia penerbangan militer. Pilot jet tempur dan helikopter wajib menggunakan helm tidak hanya sebagai pelindung kepalanya, tapi sebagai pelindung akibat G-Force (gaya gravitasi) yang diakibatkan oleh manuver-manuver pesawat tempur yang umumnya mampu menghasilkan G-Force hingga 6x gaya gravitasi normal. Sekedar masukan, G-Force adalah ukuran percepatan berat jatuh suatu benda. Maksudnya adalah dalam sebuah manuver pesawat saat sebuah melakukan gerakan (manuver) dalam kecepatan tertentu, pilot akan merasakan G-Force yang menekan tubuhnya sehingga akan berasa lebih berat dari berat normalnya. Semakin cepat manuver yang dilakukan, semakin besar pula G-Force yang akan dihasilkan. Contoh gampangnya, kalo kita menyetir mobil dan kemudian kita berbelok dengan tiba-tiba dalam kecepatan tinggi, pasti badan kita akan terasa lebih berat dan kepala akan pusing dengan tiba-tiba. Naaahh itulah yang disebut G-Force. Dalam kondisi tertentu, G-Force bisa mengakibatkan kebutaan sesaat bahkan pingsan. karena itulah dalam penerbangan militer, pilotnya wajib menggunakan helm yang bisa melindungi pilot dari bahaya G-Force tersebut.

Sejalan dengan berkembangnya waktu dan teknologi manusia, helm terus berevolusi. Dari sisi aktivitas helm tak lagi hanya dibutuhkan untuk perang, tapi juga dikenakan untuk aktivitas-aktivitas sipil seperti olahraga, pertambangan, berkendara atau kegiatan beresiko lainnya. Dari sisi bahan, bentuk, teknologi dan modelnya, helm juga terus berubah.
Sekarang ini helm banyak dibuat dari bahan yang lebih bervariasi selain besi yaitu metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau bahkan plastik yang kuat.

Dalam dunia otomotif, khususnya motor, penggunaan helm pertama kali digunakan pasca kecelakaan motor Thomas Edward Lawrence atau lebih dikenal dengan julukan Lawrence of Arabia, seorang arkeolog asal Inggris. Lawrence mengalami kecelakaan motor tanpa menggunakan pelindung kepala akibat menghindari pejalan kaki. Lawrence mengalami luka di kepala dan kemudian meninggal di rumah sakit. Dokter yang memeriksa menyatakan bahwa Lawrence mengalami gegar otak akibat benturan di kepala.
sejak saat itulah penggunaan helm di dunia otomotif mulai dilakukan. Saat ini helm bukan lagi sekedar asesoris berkendara motor, namun sudah menjadi trend dan gaya fashion bikers. Hal ini ditandai dengan maraknya produk helm yang beraneka jenis dan model serta warna cat dari helm tersebut.

So brader sister bikers, sayangilah kepala anda….lindungi kepala anda dengan menggunakan pelindung kepala yang aman.

(Dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s