HELLS ANGELS, GENK MOTOR PALING TERKENAL DI DUNIA & FENOMENA GENK MOTOR DI INDONESIA

Posted: Juli 25, 2013 in ALL INFORMATION

Oleh: Arnold D., YVCI BC 003

Genk motor…..setidaknya dalam 5 tahun terakhir istilah ini cukup akrab di telinga orang Indonesia, ditandai dengan banyaknya kasus-kasus kekerasan hingga kriminal yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan sepeda motor…hingga akhirnya muncullah istilah “GENK MOTOR” atau kerennya GENK BIKERS.

Secara bahasa, istilah GENK BIKERS sebenernya bisa diartikan sebagai sekelompok orang yang gemar berkendaraan sepeda motor secara berkelompok untuk menikmati kebebasan berkendara motor di jalan. Namun pemahaman umum saat ini istilah GENK, entah itu GENK MOTOR atau GENK JALANAN, lebih ditujukan untuk sekelompok orang yang melakukan kegiatan-kegiatan illegal dan cenderung mengintimidasi masyarakat serta dekat dengan anarkisme.

Keberadaan gennk motor bukan cuma di Indonesia aja, di luar negeri pun banyak menjamur genk motor. Dan yaa..memang…kegiatan-kegiatan mereka kebanyakan menjurus pada tindakan kriminalitas.

THE HELLS ANGELS MOTOR CLUB

bikers 7

Para bikers pasti udah tau dengan yang namanya Hell’s Angels Motorcycle Club (HAMC) atau biasa dikenal dengan sebutan Hell’s Angels (HA) doang. HA merupakan salah satu genk motor terbesar di Amerika selain Outlaws atau Bandidos. Anggota HA menggunakan motor Harley Davidson sebagai tunggangannya. Genk motor ini merupakan genk motor paling terkenal di Amerika. Ketenarannya bukan dari sisi positif, ketenaran HA diperoleh dari reputasinya di dunia kriminal alas ilegal. Berkali-kali HA terlibat berbagai kasus kriminal di Amerika seperti distribusi narkoba, kekerasan, perampokan, perdagangan senjata gelap, pelacuran, pembunuhan, pemerasan dan banyak lagi. Bukan itu aja, HA juga kerap terlibat penyerangan dan perkelahian antar sesama genk motor lain. Otoritas keamanan Amerika, semacam FBI, bahkan udah menetapkan HA sebagai organisasi terlarang dan kriminal.

hells angels 4

Sekilas sejarah tentang HA…..nama HA diambil dari sebuah film bisu dengan judul “Hell’s Angels” produksi taun 1927 karya sutradara Howard Hughes. Ketika Perang Dunia II meletus, beberapa pilot pesawat pembom B-17 US Air Force yang bertugas di Asia, Afrika dan Eropa mengambil nama Hell’s Angels sebagai nama skuadron mereka. Skuadron pembom HA dianggap yang terbaik, skuadron ini dikomandani oleh Arvid Olsen, seorang pemuda dari San Bernardino, yang notabene kota tempat kelahiran HAMC. Setelah Perang Dunia II berakhir, skuadron pembom HA kembali ke pangkalannya di San Bernardino. Beberapa pilot yang masih aktif kemudian membentuk genk motor HAMC, yang uniknya Arvid Olsen sendiri memilih ga ikut bergabung ke HAMC. HAMC resmi berdiri pada taun 1948 di San Bernardino, California. Lencana dan lambang klub mereka mengaplikasi dari lambang skuadron pembom HA yaitu kepala tengkorak dengan sayap burung dihiasi nama “Hell’s Angels” di bagian atas dan bawah kepala tengkorak tersebut. Tujuan awal HAMC yang kebanyakan anggotanya (saat itu) dari kalangan militer/mantan militer adalah untuk meluapkan kesenangan, bebas tanpa aturan serta berpesta pora meluapkan frustasi dan kepenatan dengan berkendara motor. Dengan kata laen, HAMC dibentuk sebagai pemberontakan terhadap keberadaan otoritas & segala bentuk aturan.

hells angels

hells angels 2

hells angels 3

HA memiliki lebih dari 92 cabang (chapter) di 27 negara bagian di Amerika Serikat, selain itu dalam lingkungan Internasional HA memiliki ribuan anggota di lebih dari 30 negara. Dalam perkembangannya HA memiliki berbagai nama antara lain H.A, Red & White, dan 81. “81” memiliki makna yaitu 8 jika dihitung dari alphabet adalah huruf ‘H’ sedang 1 adalah huruf ‘A’ yang kemudian akan membentuk deretan huruf H.A. (singkatan dari Hell’s Angels). Untuk keanggotaan, di struktur HA dalam menerima calon anggota baru pun harus melewati beberapa tahapan…alias masa ospek. Pertama-tama calon anggota harus menyatakan komitmennya untuk benar-benar bergabung dalam Hell’s Angels, setelah anggota lain yakin mengenai komitmen calon anggota kemudian calon anggota ini akan di ospek oleh anggota-anggota yang lebih senior. Masa ospek ini bervariasi bagi setiap calon anggota tergantung dari keputusan anggota senior lain. Setelah melewati masa ospek, maka akan diadakan semacam pemilihan oleh seluruh anggota apakah calon anggota tersebut bisa diterima dalam kelompok atau tidak.

Kira2 macem apa yaa ospek genk motor Hell’s Angels gini….? Hehehehee😀

GENK MOTOR DI INDONESIA

Genk motor pun banyak tumbuh di Indonesia. Umumnya genk motor ini memiliki kegiatan-kegiatan yang illegal, seperti misalnya….balap liar, penyerangan ke sarana umum/warga, perampokan dan laen-laen….Keberadaan genk motor emang jadi fenomena tersendiri. Reputasi miring dan sepak terjang illegal genk motor terhadap masyarakat berimbas pada persepsi masyarakat umum yang ga tau perbedaan antara genk motor dengan klub/komunitas motor yang emang tujuan dan kegiatannya bertolak belakang dengan genk motor. Masyarakat cenderung mengeneralisir genk motor dengan klub/komunitas motor. Genk motor terakhir yang dibekuk oleh Polisi hingga menyita perhatian publik melalui pemberitaan media massa nasional adalah genk motor Klewang di Pekanbaru, Riau. Sepak terjang genk motor ini bener-bener bikin resah masyarakat Pekanbaru. Bayangin aja, genk motor ini terlibat berbagai kasus kriminal, antara lain perkosaan wanita remaja, seks bebas, perampokan, pencurian hingga pembunuhan. Kebanyakan anggota genk motor Klewang ini masih berusia remaja (dibawah 17 tahun), dan uniknya pimpinan tertinggi genk motor Klewang ini adalah seorang laki-laki tua berusia hampir 60 taun…..(tua-tua udeh bau tanah makin tua makin berulah…hahahahahhaa). Kepolisian menghimbau kepada masyarakat, terutama para orangtua agar selalu menjaga dan menghindarkan anak-anak mereka dari keterlibatan dengan genk motor.

klewank

klewank 2

Kecaman terhadap keberadaan genk motor pun mengalir, bahkan hingga memandang miring keberadaan klub/komunitas motor yang resmi. Sebagai bentuk pernyataan sikap, beberapa klub/komunitas bikers di seluruh kota di Indonesia berikrar di hadapan Kepolisian dan instansi pemerintahan bahwa klub/komunitas motor sangat jauh berbeda dengan genk motor. Disamping itu, klub/komunitas motor juga melakukan banyak kegiatan-kegiatan positif seperti baksos, penyuluhan berkendara dan lain-lain….anggota klub/komunitas motor (bikers) juga memperlihatkan sikap sopan santun dan menghormati sesama pengguna jalan raya. Hal ini dilakukan untuk mengikis anggapan masyarakat tentang klub/komunitas motor yang disamakan dengan genk motor.

KEEP ON SAFETY RIDING BRO-SIS……
HORMATILAH SESAMA PENGGUNA JALAN RAYA….

SALAM BROTHERHOOD BIKERS,
ARNOLD D. YVCI BC 003

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s