BLIND SPOT PADA KENDARAAN

Posted: Oktober 10, 2013 in RIDING TIPS

By: Arnold Dharmawan (YVCI BC 003 – Anggota SRO YVCI BC)

Bro n’ Sis pastinya kalo kita berkendara kita harus WAJIB hukumnya untuk memenuhi persyaratan-persyaratan untuk dapat berkendara di jalan raya. Bukan asal “nyemplak“ doang trus langsung wuusssszzz jalan gitu aja…..Persyaratan kelengkapan surat-surat ijin berkendara (SIM & STNK), kelengkapan pelindung diri (helm, jaket, sarung tangan, sepatu) sampe dengan kelengkapan standar pada kendaraan wajib kita penuhi.

Nah, kelengkapan standar kendaraan yang wajib dipenuhi antara lain: lampu-lampu (headlamp, rear lamp, brake lamp, sein), dasbor (speedometer dll), kaca spion, dll. Semua kelengkapan standar tersebut sangat penting fungsinya untuk kita sebagai pengendara. Alat-alat tersebut berfungsi untuk membantu pengendara di jalan raya.

Salah satu kelengkapan pada kendaraan yang paling penting fungsinya adalah kaca spion. Kaca spion sangat membantu pengendara untuk memantau kondisi dan situasi lalu lintas di belakang kita. Tanpa kaca spion kita akan kesulitan kalo mau belok, menikung, berputar atau mendahului. Sebelum bermanuver kita wajib melihat situasi lalu lintas di depan dan di belakang kita, setelah dirasakan cukup aman barulah kita bisa bermanuver….bermanuver bukan berarti ugal-ugalan lho yaa…..demi keamanan berkendara disarankan untuk selalu melihat (melirik) kaca spion untuk memantau kondisi & situasi arus lalu lintas di belakang kita setiap 5-10 detik sekali selama berkendara. Hal ini diperlukan agar kita tetap waspada dengan situasi jalan raya, baik dari depan maupun dari belakang kita.

Ukuran kaca spion pun sangat penting kita perhatikan. Ukuran kaca spion standar adalah minimal sebesar telapak tangan orang dewasa (kira2 5 jari yang tersusun rapat) dan di setel untuk bisa melihat 2/3 jalan di belakang kita. Dengan ukuran kaca spion yang standar sekalipun, kita masih tetap harus menoleh ke belakang. Kenapa begitu? Karena pada kaca spion masih ada yang namanya BLIND SPOT.

BLIND SPOT (Titik Buta) adalah sudut atau posisi yang tidak terlihat/terjangkau oleh mata kita atau dari kaca spion. Jadi dengan ukuran kaca spion standar kita tetap disarankan untuk melihat dengan langsung (menoleh sekilas), krn kaca spion tidak mengcover 100% areal belakang kita. INGAT bro n’ sis….hanya 2/3 jalan yang tercover oleh kaca spion ukuran standar, masih ada 1/3 lagi yg tidak tercover. Disamping itu, posisi kendaraan pun sangat mempengaruhi kondisi blind spot. Area blind spot bisa berbeda-beda pada tiap kendaraan, bro n’ sis…ga semua kendaraan area blind spotnya sama. Semakin kecil ukuran kendaraan, makin besar pula area blind spotnya. Pada sepeda motor area blind spotnya lebih luas dibanding mobil.

Bahaya blind spot pada pengendara motor sangat besar. Sebagai pengendara motor, kita sering tidak terlihat keberadaannya oleh pengendara lain. Umumnya pengendara motor sering tersenggol, di serempet atau paling fatal ditabrak oleh kendaraan lain karena tidak terlihat keberadaannya. Oleh karena itu, pengendara motor disarankan agar tidak berada di area blind spot tersebut. Area blind spot untuk motor dilihat dari pengemudi mobil berjarak sekitar 1 – 1,5 meter sejajar dengan posisi pengemudi mobilnya. Lebih jelasnya bisa dilihat pada foto ilustrasi dibawah ini.

BLINDSPOT

Gimana caranya untuk menyiasati blind spot? Tips menyiasati blind spot sebenernya ga susah-susah amat ko bro n’ sis, cukup dengan membiasakan diri kita secara refleks saat berkendara. Berikut ini beberapa tips untuk menyiasati blind spot:

1. Selalu melihat kaca spion setiap 5 – 10 detik sekali untuk memantau situasi lalu lintas dibelakang kita.
2. Hindari berada disamping/sejajar/dibelakang dengan mobil/bis/truk karena mereka kemungkinan tidak dapat melihat keberadaan kita.
3. Bunyikan klakson jika anda akan mendahului kendaraan lain.
4. Jangan pernah menganggap jika pengendara lain bisa mengetahui keberadaan kita.

Naahh….Simple kan bro n’ sis? Hanya tinggal kembali pada diri kita untuk membiasakan diri melakukan hal-hal seperti tips diatas aja ko, demi keselamatan diri sendiri & pengunna jalan lainnya.

HAVE A NICE RIDE & KEEP SAFETY RIDING

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s