MENINGKATKAN KEWASPADAAN PADA KONDISI JALANAN

Posted: November 19, 2013 in ALL INFORMATION, RIDING TIPS

Oleh: Arnold D., YVCI BC 003 (Anggota Tim SRO YVCI BC)

Bro & sist, walopun ente2 semuanya udah pada bertaun2 nyemplak alias bawa motor, ga ada salahnya kita selalu meningkatkan kewaspadaan kita saat berkendaraan. Terlebih saat berkendara di jalan yang sama sekali kita belum ketahui. Umumnya kondisi jalan di beberapa kota di Indonesia ini sering berubah2 seiring dengan perkembangan pembangunan di kota tersebut, misalnya pelebaran jalan, pengalihan/perubahan arus lalu lintas, pembangunan jalan baru, dll. Belum lagi kalo misalnya kondisi jalan yang ga bagus, sehingga jadi halangan buat bro & sist.

Nah, kita harus slalu waspada dengan kondisi2 yang bisa sewaktu2 berubah tersebut. Berikut ini ada beberapa jenis halangan di jalanan buat bro-sist supaya bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi jalan.

1. BUMPY ROAD
bumpy road
Bumpy road atau jalan ga rata alias jelek paling sering kita temui di banyak kota di Indonesia, misalnya : jalan retak, bergelombang, berlubang, dll. Untuk kondisi ini kita wajib berhati2 & selalu waspada terhadap kondisi jalanan. Jangan memacu motor terlalu kencang, hindari rem mendadak & bermanuver dengan tiba2. Sebaiknya bro & sist berkendara dengan kecepatan stabil & jaga jarak aman.

2. DEBRIS
debris
Debris atau serpihan2 juga cukup sering kita temui di jalanan. Biasanya adalah bagian2 dari kendaraan yang tanpa sengaja terlepas dari kendaraan pengguna jalan laen, misalnya: baut, sekrup, plat nomor, foot step motor, dll, bahkan terkadang kantong sampah dari mobil truk sampah. Dalam beberapa kasus, sering juga ada paku2 yang sengaja disebarkan oleh pelaku2 kejahatan jalan raya. Debris bisa juga disebabkan dari runtuhan/longsoran tanah atau batu2an di beberapa ruas jalan. Kalo bro & sist ga hati2, bisa2 jadi korban & bukan ga mungkin akibatnya pun fatal…makanya bro & sist, hati2 terhadap halangan2 semacam gini.

3. GENANGAN AIR, LUMPUR, PASIR ATAU KERIKIL
Genangan air, lumpur, pasir atau kerikil juga merupakan halangan yang sering dijumpai di jalanan. Kondisi ini juga disebabkan oleh faktor cuaca, misalnya hujan deras sehingga menciptakan halangan di beberapa titik ruas jalan.
a. Genangan air: kondisi genangan air ini sangat berbahaya karena bisa menutupi lubang ataupun retakan pada aspal jalanan yang bisa mengakibatkan kecelakaan untuk pengendara motor atau mobil.

Genangan_air_1

b. Lumpur: biasanya ditimbulkan dari bekas tapak ban kendaraan yang kembali ke jalanan dari tepi jalan. Lumpur juga bisa diakibatkan dari adanya galian perbaikan jalan yang ga dirapihin lagi sama si petugasnya.

lumpur jalanan

c. Pasir atau kerikil: hati2 ni bro & sist, halangan ini sering juga mengakibatkan kecelakaan buat pengguna motor. Knapa? Karena kalo kita ga hati2 lagi berkendaraan melintasi pasir atau kerikil itu bisa bikin kita sliding & jatoh kalo kita tiba2 ngerem.

kerikil

4. HALANGAN AKIBAT KONDISI CUACA
pohon tumbang

Kondisi cuaca saat ini yang sering ga menentu, sangat berbahaya buat para bikers. Angin kencang, hujan deres, banjir adalah yang paling dihindari oleh pengendara motor. Cuaca yang ekstrim juga bisa membuat halangan2 dari pohon2 tumbang, bilbor/papan reklame tumbang, ini malah lebih berbahaya lagi karena bisa fatal kalo tertimpa. Kalo kondisi cuaca ga memungkinkan buat bro & sist terus berkendara, mendingan lebih baek menepi aja bro & sist buat keselamatan ente2 juga….jangan memaksain berkendara di kondisi cuaca yang parah/ekstrim, menepilah, cari tempat berlindung yang aman.

5. TUMPAHAN MINYAK ATAU BENSIN
02/10/2012 11:21

Tumpahan minyak bisa jadi satu halangan yang berakibat fatal kalo kita ga hati2. Umumnya disebabkan dari tumpahan minyak dari kendaraan2 besar seperti truk, bis, yang penutup tangki bensinnya ga tertutup rapat atau rusak. Biasanya tumpahan minyak ini bikin jalanan jadi kaya basah dan sangat licin.

6. BEKAS PENGERJAAN JALAN
bekas pekerjaan jalan

Bekas2 pengerjaan jalan adalah halangan yang juga suka kita temuin di jalanan. Bekas2 seperti batu, pasir, tanah, kawat, besi atau pagar pembatas pengerjaan jalan yang tidak diberesin lagi sama petugas penanggungjawab proyek tersebut. Bahkan di beberapa kesempatan, proyek pekerjaan jalanan tersebut juga ga diberi tanda bahaya yang memadai. Hati2 sama halangan ini bro & sist…

7. JALANAN SEPI
Jangan sepelekan kondisi jalanan yang sepi bro & sist. Jalanan sepi justru kita harus lebih waspada & berhati2. Salah2 kalo ga hati2 kita bisa celaka karena keasikan menikmati jalanan yang lengang. Jalan sepi bisa membuat berbagai halangan, misalnya: tindakan kriminal (perampokan), orang yang tiba2 menyebrang jalan atau ada hewan yang masuk ke area jalan raya. Hindari berkendara seorang diri pada jalanan yang sepi & pada malam hari.

Nah, bro & sist….yang tadi diatas adalah sebagian dari beberapa halangan yang biasa kita temui di jalanan. Mungkin masih banyak halangan2 laen yang sering atau bakal kita jumpai di jalanan di luar yang telah diulas di atas. Namun semuanya itu seharusnya bisa kita hindari kalo kita di jalanan tetap waspada & ga ugal-ugalan. Tingkatkan kewaspadaan saat berkendara.

Salam brotherhood

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s