MAKNA DIBALIK PENGGUNAAN GAMBAR TENGKORAK

Posted: Juli 23, 2013 in ALL INFORMATION

Oleh: Arnold D., YVCI BC 003

Bendera tengkorak, rasanya sebagian besar orang-orang pasti udah tau dan punya persepsi yang sama kalo melihat bendera dengan gambar tengkorak tulang bersilang di kapal laut. Persepsi orang pasti akan langsung mengatakan “kapal bajak laut” atau perompak.

Penggunaan bendera tengkorak ini kemudian melalui perkembangannya ga cuma digunakan di kapal laut saja, tapi kini sering digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari musisi, komunitas dan lain-lain. Tidak terkecuali bagi kalangan bikers. Gambar tengkorak juga sering digunakan oleh para bikers, entah sebagai lambang/logo klub/komunitas ataupun sebagai kreasi disain atau motif.
Tapi apakah ada yang tau asal muasal penggunaan bendera atau gambar tengkorak ini? Mari kita coba tengok sejarah dan asal muasal penggunaan bendera atau gambar tengkorak ini.

SEJARAH DAN ASAL MUASAL PENGGUNAAN BENDERA TENGKORAK
Penggunaan bendera tengkorak diperkirakan mulai muncul sekitar abad ke-12 yang digunakan oleh kaum Ksatria Templar. Ksatria Templar adalah kumpulan ksatria (Knights) terbaik pada era Perang Salib ke-1 yang didirikan oleh Hugh de Puyens yang bertujuan untuk melindungi peziarah ke Yerusalem pasca Perang Salib ke-1. Untuk menandai kapal-kapal milik Ksatria Templar, digunakanlah bendera dengan gambar tengkorak di kapal milik Ksatria Templar. Hal ini karena para Ksatria Templar percaya, bahwa kebangkitan jiwa mereka untuk tetap ikut bertempur akan dapat terus abadi dengan diwakili tengkorak dan dua ruas tulang lengan mereka.

Penggunaan bendera tengkorak dengan dasar warna hitam kemudian dipakai oleh kaum perompak laut atau dikenal dengan bajak laut (pirates). Bendera tersebut dinamakan “Jolly Rogers”. Ada berbagai kisah unik kenapa dinamakan “Jolly Rogers”. Awalnya bendera tersebut dibuat dengan dasar warna merah yang disebut oleh orang Prancis sebagai “Jollie Rouge” (Di Merah Yang Cantik). Oleh orang Inggris terdengar seperti “Jolly Rogers”, karena itulah disebut dengan Jolly Rogers.

Sekitar abad ke-13 cukup banyak bajak laut/perompakan kapal di lautan. Korbannya kebanyakan adalah kapal dagang. Umumnya para bajak laut tersebut akan menaikkan bendera tengkorak dengan dasar warna hitam. Tujuannya adalah agar kapal korban bisa bersiap-siap lebih dulu dan menyerah baik-baik. Apabila kapal korban menyerah baik-baik, maka bajak laut tidak akan melakukan kekerasan terhadap kapal korbannya. Sebaliknya jika kapal korban menolak menyerah atau memilih melawan maka bajak laut akan menaikkan bendera tengkorak dengan dasar warna merah, yang artinya: tidak ada ampun, darah akan mengalir (No Mercy, Blood Shall Flow).

Jolly Rogers 3A

PENGGUNAAN BENDERA TENGKORAK DI DUNIA MILITER
Penggunaan bendera tengkorak kemudian meluas ke dunia militer. Ketika Perang Dunia II, banyak pesawat atau pun kapal-kapal perang yang menggunakan bendera tengkorak. Namun bukan berarti sebagai tanda perompak/bajak laut. Penggunaan bendera tengkorak di dunia militer diartikan sebagai tanda keberanian, ketabahan dan kemenangan setelah menyelesaikan misi di medan perang. Ketika kembali ke pangkalannya, kapal-kapal perang mengibarkan bendera tengkorak sebagai tanda keberhasilan menjalankan misi mereka. Misi yang dijalankan umumnya adalah misi yang berbahaya, menantang maut dan heroic, sehingga ketika kembali ke pangkalannya kapal-kapal perang tersebut dengan bangga mengibarkan bendera tengkorak. AL Amerika Serikat (US NAVY) bahkan membentuk skuadron pesawat tempur F-14 Tomcat (kode VF-84) dengan nama “Jolly Rogers Squadron” yang ditempatkan di kapal induk AS. Dibentuk pertama kali pada tahun 1943 (era perang Dunia II) dengan menggunakan pesawat F4U Corsair. Setelah dibubarkan karena keterbatasan anggaran militer AS pada tahun 1995, skuadron tempur tersebut digabungkan dengan “Slugger Squadron” (kode VF-103), namun tetap menggunakan gambar logo Jolly Rogers. Saat ini skuadron VF-103 sudah ditempatkan kembali di pangkalan AL AS (Naval Air Station/NAS) di Virginia, sejak terakhir ditugaskan di kapal induk USS Eisenhower (CVN-69) dalam misi-misi tempur pasukan AS.

F-14 Tomcat Jolly Rogers Squadron

Bendera tengkorak “Jolly Rogers” juga digunakan oleh TNI AL pada kapal penjelajah samudera dunia legendaris milik Indonesia, KRI Dewa. KRI Dewa Rutji yang merupakan kapal penjelajah samudera dengan peralatan tradisional untuk melatih kadet (taruna) TNI AL. setelah bertahun-tahun menjalankan misinya keliling dunia dengan menghadapi badai ganas, samudera luas berbahaya dengan mengandalkan peralatan tradisional, saat kembali ke pangkalan atau singgah di pelabuhan luar negeri KRI Dewa Rutji akan selalu mengibarkan bendera tengkorak sebagai lambang keberanian mereka mengarungi samudera dunia. Ketika buang sauh di pelabuhan negara yang dikunjunginya, masyarakat awam terkejut dengan penampakan sebuah kapal penjelajah berbendera bajak laut bersanding dengan bendera merah-putih Indonesia. Letkol (Laut) Suharto, komandan KRI Dewa Rutji ke-32 pada wawancaranya dengan majalah Angkasa menjawab pertanyaan kenapa mengibarkan bendera tengkorak ala bajak laut. Letkol (Laut) Suharto menjawab: “Yes I’m the real pirate” ujarnya sambil tersenyum. Menurutnya, makna dari bendera tengkorak itu adalah sebagai lambang keberanian, ketabahan dan keteguhan hati tanpa akhir dari para awak KRI Dewa Rutji setelah mengarungi samudera luas.

KRI Dewaruci

PENGGUNAAN GAMBAR TENGKORAK DI MASYARAKAT UMUM DAN DUNIA BIKERS
Penggunaan gambar tengkorak atau bendera tengkorak pun meluas ke masyarakat umum. Beberapa digunakan sebagai kreasi seni. Kebanyakan gambar tengkorak Jolly Rogers digunakan sebagai lambang grup musik oleh grup band beraliran thrash metal semacam: Megadeath, Sepultura, Metallica, dan lainnya. Gambar tersebut lebih punya makna sebagai aliran musik yang keras dan lambang kejantanan.

Selain digunakan oleh grup-grup musik, lambang tengkorak pun sering dipakai & jadi pilihan kreasi di kalangan bikers, baik sebagai logo/lambang klub ataupun kreasi disain lain. Sebagai informasi, bukan cuma bikers dalam negeri aja yang memakai logo/lambang tengkorak, bikers di luar negeri juga banyak memakai gambar tengkorak sebagai logo klub. Dipilihnya lambang tengkorak tersebut umumnya dimaksudkan sebagai lambang kebebasan, persaudaraan yang kental, kejantanan klub yang notabene emang anggotanya banyak di dominasi oleh kaum laki-laki. Ga heran makanya kebanyakan klub motor yang memakai logo gambar tengkorak diidentikkan dengan gaya beraliran keras (macho).

Bikers 2A

Tapi ironisnya, dibalik penggunaan gambar tengkorak di dunia bikers tersebut masyarakat umum cenderung terpaku dengan stereotype (mindset) “bikers tukang bikin onar” atau dianggap sebagai genk motor yang tindakannya lebih banyak melakukan tindakan kriminal atau anarkis. Memang ada sebagaian klub/komunitas motor yang memakai gambar tengkorak melakukan tindakan-tindakan kriminal terhadap masyarakat. Ga jarang juga menimbulkan korban jiwa. Ga heran kalo banyak klub/komunitas bikers yang sebenernya “lurus-lurus” aja alias ga berbuat kriminal keburu udah di cap sebagai genk motor. Sama kaya penggunaan bendera gambar tengkorak di kapal-kapal militer, kalo belum tau maknanya pasti bakal langsung di cap “bajak laut”. Padahal kalo aja, masyarakat mau mencari tau makna lain dari gambar tengkorak itu, maka akan bisa memberikan pendapat yang positif. Yaah…contohnya aja diartikan sebagai lambang keberanian, ketabahan dan kekuatan.

Penggunaan gambar tengkorak, apapun bentuk dan disainnya, ga harus diartikan dengan negatif. Makna lain dari gambar tengkorak masih banyak. Kalo pun kebetulan ada sekumpulan motor (bikers) yang melakukan tindakan kriminal dengan memakai logo gambar tengkorak, hendaknya ga perlu di generalisir bahwa semua bikers kaya begitu kelakuannya. Banyak klub/komunitas bikers melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya edukatif, sosial kemasyarakatan dan positif. Keberadaan klub/komunitas bikers memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitarnya dan harus menjadi panutan masyarakat dalam ikut berkampanye tertib berlalu lintas. Tindakan kita akan menjadi penilaian masyarakt sejauh mana klub/komunitas bikers dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Tunjukin bro-sis kalo ente bikers yang taat peraturan dan santun kepada masyarakat….

SALAM BIKERS BROTHERHOOD
Arnold D., YVCI BC 003

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s